Manfaat Menjemur Bayi di Pagi Hari yang Wajib Bunda Ketahui

Manfaat Menjemur Bayi di Pagi Hari yang Wajib Bunda Ketahui

Manfaat Menjemur Bayi di Pagi Hari. Jika bunda suka berjemur di bawah sinar matahari ya cerah, sekali-kali ajaklah si kecil untuk ikut berjemur juga. Bukan tanpa alasan saya menyarankan hal seperti ini, sebab ada banyak manfaat menjemur bayi di pagi hari yang bisa si kecil rasakan.

Tak perlu khawatir, jika dilakukan dengan benar dan dalam waktu yang tepat tidak mungkin kulitnya menjadi rusak atau terbakar karena cahaya matahari. Kandungan vitamin D pada sinar matahari justru sangat bagus untuk kesehatan bayi.

 

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Menjemur Bayi

  • Sinar matahari memang bagus untuk kulit bayi, namun jika bunda menjemurnya di saat yang tidak tepat justru dapat membahayakan kulitnya yang masih sangat sensitif.
  • Tidak disarankan untuk menjemur bayi di bawah sinar matahari yang terlalu terik. Karena itulah, waktu yang pas jemur bayi antara jam 7 hingga 9 pagi, di atas jam itu manfaatnya sudah tidak lagi maksimal.
  • Berapa kali bayi dijemur dalam seminggu? Tak perlu sering-sering sebenarnya. Guna memenuhi kebutuhan vitamin D, bayi cukup dijemur 30 menit dalam seminggu atau kurang lebih 5 menit setiap harinya.

 

Manfaat Menjemur Bayi pada Pagi Hari

Pagi hari adalah waktu yang tepat untuk menjemur si kecil. Bila melakukannya dengan tepat sesuai penjelasan di atas, maka si kecil bisa mendapatkan berbagai manfaat yaitu sebagai berikut :

1. Menjemur Bayi di Pagi Hari Bisa Mencegah Penyakit Kuning

Penyakit kuning adalah penyakit yang disebabkan karena penumpukan bilirubin dalam darah. Siapapun bisa terkena penyakit ini, termasuk bayi yang baru lahir sekalipun.

Untuk mencegahnya, bunda bisa menjemurkan si kecil di bawah sinar matahari. Sinar matahari pagi mampu memecah bilirubin darah darah bayi yang menjadi penyebab utama penyakit ini.

Baca Juga : Printer Epson L120

2. Memperkuat Tulang Bayi juga Salah Satu Manfaat Menjemur Bayi di Pagi Hari

Benefit berikutnya yang bisa didapatkan adalah tulang si kecil menjadi lebih kuat. Alasannya, kandungan vitamin D pada sinar matahari mampu untuk membantu kalsium mudah terserap dalam darah.

Sebagaimana yang kita ketahui, kandungan kalsium sangat dibutuhkan tubuh untuk membuat tulang menjadi semakin kuat dan juga sehat. Tak hanya itu saja, sinar matahari pagi hari juga bisa mencegah bayi dari berbagai penyakit tulang salah satunya adalah rakhitis.

3. Membuat Si Kecil Lebih Bahagia Jika Berjemur Pagi Hari

Dan salah satu manfaat menjemur bayi yang tak kalah penting adalah membuatnya lebih bahagia. Hormon serotin bakal meningkat apabila bayi dijemur di bawah sinar matahari dalam waktu yang cukup.

Manfaat Menjemur Bayi di Pagi Hari yang Wajib Bunda Ketahui.
Membuat Si Kecil Lebih Bahagia Jika Berjemur Pagi Hari

Serotin inilah yang lebih dikenal dengan sebutan hormon bahagia. Hormon yang membuat perasaan manusia menjadi lebih bahagia dan merasa aman.

4. Manfaat Menjemur Bayi di Pagi Hari Bisa Meningkatnya Hormon Insulin

Sang surya pada pagi hari yang memancar ke kulit si kecil juga dapat meningkatkan kadar hormon insulinnya. Hormon ini sangat berperan dalam menyeimbangkan kadar gula di dalam darah.

Jika kadar insulin sudah terpenuhi, maka bayi pun bisa terhindar dari Penyakit yang berhubungan dengan gula darah. Salah satunya adalah diabetes.

5. Meningkatkan Imunitas Merupakan Manfaat Menjemur Bayi di Pagi Hari

Selain bermanfaat untuk kesehatan tulang, vitamin D pada sinar matahari juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga bayi menjadi lebih kuat.

Vitamin D merupakan salah satu vitamin esensial pada sistem kekebalan tubuh. Suatu penelitian membuktikan bahwasanya orang-orang yang kurang mengonsumsi vitamin D lebih beresiko terkena penyakit infeksi saluran pernapasan seperti pneumonia atau bronkitis.

 

Itu dia bun beberapa manfaat menjemur bayi di waktu matahari belum terlalu terik. Pastikan saat menjemurnya, bayi harus terus dalam pengawasan bunda agar tidak terjadi hal-hal lain yang tidak diinginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *