Jual Kambing di Gresik, Pilih Tubuhnya Sehat dan Tidak Cacat

Jual Kambing di Gresik, Pilih Tubuhnya Sehat dan Tidak Cacat

Jual Kambing di Gresik – Halo teman-teman Bunda kita yang diridhoi oleh Allah SWT. Apa kabarnya hari ini? Semoga dalam keadaan sehat semua yaa Bund. Nah kali ini Bunda Kita ingin membahas apa yang terjadi dengan Jual Kambing di Gresik.

Jual Kambing di Gresik, Pilih Tubuhnya Sehat dan Tidak Cacat

Kalau membahas masalah jualan kambing, Buda Kita pasti solusinya. namun sebelumnya kita mengulas tentang usaha Domba dan Kambing Jawa, menentukan harga jual kambing terlebih dahulu.

Baca Juga: Susunan Acara Aqiqah Sesuai Sunnah Menurut Islam

 

Perbandingan Domba serta Kambing di Gresik

Domba dan kambing sebenarnya adalah hewan yang seragam tetapi tidak sama. Perbandingannya terletak pada penampilan tubuh dan sifat-sifatnya. Berdasarkan kedua perbandingan tersebut, kedua ruminansia kecil dibedakan menjadi domba dan kambing. Domba yang memiliki tubuh yang lebih gemuk, tetapi kalua kambing terlihat ramping.

Jual Kambing di Gresik, Pilih Tubuhnya Sehat dan Tidak Cacat
Perbandingan Domba serta Kambing di Gresik

Domba memiliki bulu yang tebal, sebaliknya bulu tersebut lebih tipis dan halus sehingga sekilas terlihat tidak berbulu. Domba biasanya memiliki tanduk yang berbentuk segitiga, bengkok, atau spiral, sedangkan pada kambing tanduknya datar. Domba biasanya tidak memiliki jenggot, sebaliknya kambing biasanya berjanggut.

 

Karakteristik Domba dan Kambing di Gresik

Berdasarkan ciri-cirinya, domba memiliki sifat yang lebih suka hidup bersama atau berkelompok dan tidak bersifat liar. Hal ini berbeda dengan kambing yang lebih suka hidup bebas dan bersifat liar meski mudah dijinakkan. Kambing akan dengan mudah menjadi liar kembali jika menemukan kesempatan untuk hidup bebas. Kambing memiliki ketrampilan untuk mempertahankan diri dan suka berkelahi, sehingga sering digunakan sebagai hewan aduan.

 

Penetapan Harga Jual Kambing di Gresik

Penetapan harga dalam proses jual beli Domba dan Kambing biasanya didasarkan pada kondisi fisik Domba dan Kambing. Pasalnya, kondisi tubuh mencerminkan kreasi dan kualitas bangkai.

Tetap dalam kondisi fisik yang baik untuk sapi, hingga harga terus naik. Ada juga beberapa hal yang menjadi pertimbangan dalam menentukan harga jual Domba dan Kambing. Pertimbangan berikut diinterpretasikan.

Baca Juga: Paket Aqiqah Depok dengan Paket Kambing Aqiqah Terbaik

 

Umur Domba dan Kambing

Hasil penelitian dalam pemotongan kambing berkorelasi positif dengan keempukan daging yang dihasilkannya. Artinya, semakin tua Domba dan Kambing tersebut ditentukan semakin tangguh dagingnya. Diketahui juga, daging kambing tua baunya lebih menyengat. Konsumen biasanya lebih menyukai daging kambing yang empuk. Oleh karena itu, aspek umur cukup mempengaruhi harga jual kambing.

Ada 3 jenis Domba dan Kambing yang diproduksi dan dimakan sebagai berikut:

  1. Anak Domba dan Kambing (8-12 minggu)
  2. Domba dan Kambing Muda (1-2 tahun)
  3. Domba dan Kambing Tua (2-6 tahun)

 

Domba dan Kambing yang Dikebiri

Kambing muda siap potong biasanya lebih murah dari pada kambing muda yang disterilkan, meski usianya sama. Hal ini disebabkan karena persentase karkas kambing muda lebih rendah dibandingkan kambing yang dikebiri jantan.

 

Tips Membeli Domba dan Kambing di Gresik

  • Hewan aqiqah harus berumur cukup tua. Untuk kambing, umur yang tepat untuk dijadikan hewan aqiqah adalah 12-18 bulan. Untuk mengetahuinya dapat dilihat dari catatan kelahiran atau gigi susu yang dimiliki kambing tersebut. Saat gigi susunya bertepatan, kambing tersebut sudah cukup tua.
  • Perhatikan aktivitas kambing. Jika gerakan saat didekati aktif, kambing dalam keadaan sehat. Tak hanya itu, kambing yang sehat memiliki nafsu makan yang baik.
  • Memiliki rambut halus berkilau, tidak rontok, tidak berubah warna, dan tidak terdapat parasit kulit.
  • Matanya bersinar dengan jelas, terbuka penuh, pupilnya bereaksi dengan cepat, tidak mengeluarkan air, tidak memiliki tanda merah, dan selaput lendir kelopak mata bagian dalam berwarna merah cerah. Jauhi membeli kambing dengan mata keruh. Ciri ini menandakan bahwa kambing tersebut sakit lagi.
  • Bentuk tubuh standar dan tidak cacat.
  • Jaga mulut. Jika sering mengeluarkan air liur yang banyak dan terdapat ruam kemerahan pada mulutnya berarti kambing tersebut sakit lagi.
  • Perhatikan kondisi fisik lainnya, seperti hidung, mulut, kuku, kulit, bulu ekor, dan anus hewan. Kondisi fisik harus baik dan bersih.
  • Berhati-hatilah saat membeli kambing saat musim hujan. Pasalnya, saat musim hujan, kambing rawan diare atau cacingan.

 

Baca Juga : Jual Kambing di Tulungagung yang Melayani Jual Beli Kambing

 

Harga Domba dan Kambing di Gresik

Untuk harga awal adalah kambing jawa atau biasa disebut kambing jawa (lokal). Untuk lomba ini sangat banyak jumlahnya di Indonesia dan sangat mudah ditemukan terutama di Jawa Timur dan Jawa Tengah. Serta untuk masalah harga, jenis kambing atau kacang jawa diamati dari umur ke badan, kesehatan, jenis kelamin, dan lain-lain. Biayanya mulai dari harga 800 ribu hingga 2,5 juta rupiah.

 

Berikut Harga Domba dan Kambing di Gresik

  • Kambing Betina umur 3 – 5 bulan: Rp 910.000
  • Kambing Betina umur 6-7 bulan: Rp. 1.300.000
  • Kambing Betina umur 8-12 bulan: Rp1.800.000
  • Kambing Betina umur 1-2 tahun: Rp 2.300.000
  • Kambing Jantan Umur 3 – 5 bulan: Rp. 1.000.000
  • Kambing Jantan umur 6-7 bulan: Rp 1.600.000
  • Kambing Jantan umur 8-12 bulan: Rp. 2.300.000
  • Kambing Jantan umur 1-2 tahun: Rp. 2.600.000

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *