Cara Mencuci Baju dengan Cepat

Cara Mencuci Baju dengan Benar dan Hasilnya Bersih

Mencuci baju atau pakaian sudah menjadi agenda kegiatan sehari-hari yang harus dilakukan. Entah itu Bunda sendiri, atau ART yang mengerjakannya. Namun, apakah Bunda tahu bagaimana cara mencuci baju dengan cepat dan benar? 

Mencuci pakaian tidaklah hanya terpaut pada membasahi dengan air dan kemudian menjemur untuk mengeringkan pakaian. Kebersihan pakaian sangat dipertaruhkan di sini. Jika Bunda tidak tahu cara mencuci baju dengan benar, kuman pun akan hinggap di pakaian dan akan berubah menjadi penyakit.

Sebelum itu terjadi, yuk simak beberapa cara mencuci baju dengan cepat dan benar yang Bunda Kita rangkum dalam artikel di bawah ini.

Cara Mencuci Pakaian dengan Tangan yang Baik dan Benar

Cara Mencuci Pakaian dengan Tangan yang Baik dan Benar
Cara Mencuci Pakaian dengan Tangan yang Baik dan Benar

Yang pertama kita bahas adalah cara mencuci pakaian dengan tangan. Di samping faktor tidak mempunyai mesin cuci, terkadang ada beberapa jenis kain yang tidak cocok dicuci dengan mesin cuci, kain spandek contohnya. 

Langkah Mencuci Baju dengan Tangan

  • Berikut adalah tutorial mencuci baju dengan tangan agar bersih, cepat, dan tidak merusak kain:
  • Sediakan satu ember besar dan isilah dengan air biasa (Bukan air hangat).
  • Tuangkan detergen secukupnya.
    Cara Mencuci Pakaian dengan Tangan yang Baik dan Benar
    Rinso bubuk untuk mencuci dengan tangan

    Bunda bisa memakai segala macam merk detergen seperti Rinso bubuk, Rinso cair, So Klin detergent, dan lain-lain. Yang Bunda yakini tidak menimbulkan alergi. 

  • Letakkan pakaian yang sebelumnya sudah Bunda pilah antara berwarna dan pakaian putih. Rendam sekitar 30 menit agar kotoran lebih mudah terangkat.
  • Kucek-kucek satu persatu semua pakaian sampai habis. Jangan terlalu kuat menguceknya, karena ini akan merusak serat kain dan membuat tangan Bunda lecet. Taruh hasil pakaian yang sudah dikucek pada ember yang baru.
  • Buang air pada ember pertama yang berisi detergent. Cuci ember sampai bersih. Untuk ember yang ke dua (Tempat pakaian yang sudah dikucek tadi) isilah dengan air bersih sampai penuh. 
  • Kucek sambil menghilangkan buih-buih busa detergent. Peras dan letakkan hasil perasannya pada ember yang tadi dicuci.
  • Pada bilasan terakhir, isi penuh ember hasil perasan yang kedua dengan air, biarkan air luber dan mengalir. Jangan matikan kerannya. Kucek-kucek lagi, sampai yakin busa hilang maksimal. Kemudian peras.
  • Keringkan pakaian dengan memeras lebih kuat. Kemudia jemur di terik matahari.

Begitulah cara mencuci baju dengan benar dan cepat yang bisa Bunda lakukan di rumah. Yang pasti pakaian bunda dan keluarga akan menjadi bersih dan kainnya akan awet terawat. Satu lagi yang terpenting, Bunda sekeluarga juga akan terhindar dari penyakit akibat cara mencuci baju yang salah. 

Leave a Reply